Batik Talunombo “Celosia”


Batik Talunombo “Celosia”

Selosia Batik merupakan industri rumahan batik yang sudah berdiri sejak tahun 2017. Celosia batik merupakan industri rumahan milik Muntiah. Industri ini berjalan secara mandiri oleh Muntiah. Meskipun berjalan secara mandiri, Muntiah tetap membutuhkan teman yang bisa membatik untuk membantunya apabila ada pesanan besar. Sementara itu, para pembatik di Talunombo tidak disatukan dalam satu kelompok atau industri yang sama.

Ciri utama yang dimiliki oleh Batik Celosia adalah bagaimana Muntiah sebagai pengerajin batik memiliki selera unik terhadap pewarnaan. Celosia sangat mengutamakan warna-warna yang terkesan klasik dan warna yang tidak begitu terang. Selain itu, motif utama dari Batik Talunombo adalah menunjukkan ciri Wonosobo yaitu Carica dan Purwaceng.

Untuk pemesanan sendiri kini Celosia Batik aktif melalui sistem pemesanan online via Whatsapp dan bisa melihat hasil-hasilnya pada instagram @celosiabatik. Muntiah juga sangat terbuka untuk pemesanan motif, dan mematok harga berdasarkan kesulitan motif serta jenis kain. Untuk itu, Celosia Batik sangat terbuka untuk tipe batik yang diinginkan pemesan.

Ruang kerja yang berada di ruang tamu rumah Muntiah ini sangat unik. Celosia Batik juga membuat semacam mini galeri di rumahnya, dan ruang membatiknya juga ditempat yang sama. Bahan-bahan seperti malam (lilin batik), gawang untuk meletakkan kain, dan lemari penyimpanan batik juga berada di tempat itu. Sementara itu, untuk mewarnai Celosia Batik memiliki tempat sendiri. Celosia batik tidak menerima pesanan dalam bentuk batik pakaian yang jadi, melainkan hanya kain saja.

Katalog Batik

Katalog batik dapat dilihat pada file berikut: pdf


Total Dibaca

Kami mengatakan tidak untuk

  • Korupsi
  • Pungli
  • Mantan yang pernah menyakiti hati

Contact Details

Telephone: Whatsapp : -
Email:  desatalunombo2@gmail.com
Website: https://talunombo-sapuran.wonosobokab.go.id

Krajan RT 03 RW 03 Talunombo Sapuran Wonosobo